Sejarah dan Perkembangan Jaringan Komputer
Network System | Perkembangan Komputer di Dunia dan Sistem World Wide Web
secara tidak langsung mempengaruhi jaringan komputer yang ada di dunia.
Tidak ada salahnya kita mempelajari sejarah jaringan komputer. Sejarah
untuk dikenang bukan untuk dilupakan.
Perkembangan
jaringan komputer diawali pada tahun 1969 ketika departemen Pertahanan
Amerika membentuk Defense Advance Research Projects Agency (DARPA) yang
bertujuan mengadakan riset mengenai car menghubungkan sejumlah komputer
sehingga membentuk jaringan organik.
Program riset ini kemudian dikenal
dengan nama ARPANET ( Advance Research projects Agency Network ). Pada tahun
1970 lebih dari 10 komputer telah berhasil dihubungkan, saling berkomunikasi dan membentuk sebuah jaringan. Pada tahun 1972, Roy
Tomlinson berhasil menyempurnakan program e-mail yang ia ciptakan setahun yang
lalu untuk riset ARPANET.
Program
e-mail dengan begitu mudahnya populer pada saat itu dan pada waktu yang
bersamaan diperkenalkanlah [@] "at" atau "pada" sebagai icon dari
e-mail tersebut. Pada
tahun 1973, jaringan komputer yang
diberi nama ARPANET mulai dikembangkan meluas sampai luar Amerika
Serikat. Komputer di University College di London merupakan komputer
diluar Amerika yang
menjadi anggota jaringan ARPANET pertama. Pada tahun yang sama dua orang
ahli komputer Vinton Cerf dan Bob Khan mempresentasikan sebuah gagasan yang
lebih besar yang menjadi cikal bakal pemikiran International Network. Ide ini
dipresentasikan untuk pertama kalinya di Sussex University.
Hari bersejarah berikutnya terjadi pada tanggal 26 Maret 1976 ketika itu ratu
Inggris berhasil mengirimkan sebuah e-mail dari Royal Signals and Radar
Establishment di Malvern. Setahun kemudian, lebih dari 100 komputer telah
bergabung dalam system ARPANET dan membentuk sebuah jaringan atau Network.
Tom Truscott, Jim
Ellis, dan Steve Bellovin pada tahun 1979 menciptakan Newsgroups pertama yang diberi nama
USENET ( User Network ). Pada tahun 1981 France Telecom menciptakan sebuah
gebrakan baru dengan meluncurkan telepon televisi pertama dunia ( orang dapat
saling menelepon sambil berinteraksi dengan Video link ).
Seiring dengan bertambahnya komputer yang membentuk jaringan, dibutuhkan
sebuah
protokol resmi yang dapat diakui dan diterima oleh semua jaringan.
Sehingga pada tahun 1982 dibentuklah sebuah komisi Transmission Control Protocol ( TCP ) atau lebih dikenal dengan
sebutan Internet Protocol ( IP ) yang kita kenal hingga saat ini. Sementara
itu di Eropa muncul sebuah jaringan sebagai tandingan yang dikenal dengan
Europe Network ( EUNET ) yang meliputi wilayah Belanda, Inggris, Denmark, dan
Swedia. Jaringan EUNET ini menyediakan jasa e-mail dan newsgroup USENET.
Pada tahun 1984 diperkenalkan system dengan nama
DOMAIN yang lebih dikenal dengan Domain Name System ( DNS ). Tujuannya untuk menyeragamkan alamat jaringan
komputer yang sudah ada dengan system DNS komputer yang tersambung dengan jaringan melebihi 1.000 komputer. pada tahun
1987 diperkirakan komputer yang tersambung ke jaringan tersebut melonjak 10
kali lipat menjadi 10.000 komputer lebih.
Pada tahun 1988 Jarkko Oikarinen seorang berkebangsaan Finlandia menemukan sekaligus
memperkenalkan Internet Relay Chat atau lebih dikenal dengan IRC yang
memungkinkan dua orang atau lebih pengguna komputer dapat berinteraksi secara
langsung dengan pengiriman pesan ( Chatting ). Setahun kemudian
jumlah komputer yang saling berhubungan melonjak 10 kali lipat. Lebih dari
100.000 komputer membentuk sebuah jaringan. Pertengahan tahun 1990 merupakan
tahun yang paling bersejarah ketika Tim Berners Lee merancang sebuah programe
editor dan browser yang dapat menjelajahi komputer satu dengan yang lainnya
dengan membentuk jaringan. Programe inilah yang disebut WWW atau World WideWeb.
Pada tahun 1992 komputer yang tersambung dan membentuk jaringan sudah melampaui 1.000.000 komputer. Pada tahun yang sama muncul satu istilah yang kita kenal dengan Surfing ( Menjelajah
). Pada tahun 1994 situs-situs Dunia mulai tumbuh dengan subur ( setidaknya saat
itu terdapat 3.000 alamat halaman ) dan bentuk pertama kalinya Virtual Shopping
atau e-retail muncul diberbagai situs. Dunia langsung berubah dengan diluncurkannya
perusahaan Search Engine Pertama, yaitu Yahoo. yPendirinya adalah David Filo
dan Jerry yang pada bulan April 1994 Netscape Navigator 1.0. diluncurkan
dipenghujung tahun 1994.
Itulah sedikit gambaran mengenai Sejarah dan Perkembangan Jaringan Komputer. Dan semoga artikel ini bermanfaat. So dont worry be happy
Diatas sudah di jelaskan mengenai sejarah perkembngan jaringn naahh sekarang untuk saat nya saya jelaskan mengenai Macam-macam Topologi Jaringan.. sebenarnya ini hanya tambhan penjelasan nya agar semua jelas tidak ada kontroversi hati dan labilalisasi kemakmuran dan agar tidak mengganggu kemakmuran hati dan stabilisasi ekonomi hati.
Kalau
kita berbicara soal topologi jaringan komputer mungkin kita tidak asing
lagi mendengar nya, tapi pernahkah kita bertanya apa itu Topologi? pada
dasarnya Topologi adalah sebuah peta dari sebuah jaringan konputer.
Kalau menurut yang saya pelajari disekolah saya topologi jaringan
komputer terbagi atas 2 jenis yaitu: Topologi secara fisik Physical Topology dan yang satu lagi Topologi secara logika Logical topology. Kalau
topologi secara fisik menjelaskan bagaimana susuna dari kabel dan
komputer dan lokasi semua komponen jaringan , sedangkan kalau topologi
secara logika bisa diartikan bagaimana imformasi atau aliran data dalam
jaringan.
Dan berikut Macam-macam Topologi Jaringa Komputer yang akan saya jelaskan pada artikel ini, yaitu:
- Topologi BUS
- Topologi Star
- Topologi Ring
- Topologi Mesh
- Topologi Tree
1. Topologi BUS
Topologi bus seringkali
digunakan ketika jaringannya berukuran kecil, simpel, atau bersifat
sementara. Sangat sederhana dalam instalasi, dan ekonomis dalam hal
biaya. dan berikut keuntungan dan kerugian yang terdapat pada topologi
BUS
- Keuntungn
- Bus adalah
topologi yang sederhana, dapat diandalkan untuk penggunaan pada
jaringan yang kecil, mudah untuk digunakan, dan mudah untuk dimengerti.
- Bus hanya membutuhkan kabel dalam jumlah yang sedikit
- Cukup mudah apabila kita ingin memperluas jaringan pada topologi bus
- Kerugian
- a.Sangat sulit untuk melakukan troubleshoot pada bus
- b.Traffic (lalu lintas) yang padat akan sangat memperlambat Topologi BUS
- c. Sangat lambat dibandingkan dengan topologi yang lain.
2. Topologi Star
Kalau
Topologi yang satu ini semua kabel yang dihubungkan dari
komputer-komputer kelokasi pusat dimana semuanya terhubung ke suatu alat
yang dinamakan HUB. berikut keuntungan dan kerugian nya:
- Keuntugan
- Setiap node berkomunikasi langsung dengan konsentrator (HUB)
- Bila
setiap paket data yang masuk ke consentrator (HUB) kemudian di
broadcast keseluruh node yang terhubung sangat banyak (misalnya memakai
hub 32 port), maka kinerja jaringan akan semakin turun.
- Sangat mudah dikembangkan
- Kerugian
- Boros kabel
- Perlu penanganan khusus
- Jika Hub Rusak maka jaringan yang berada dalam satu hub akan rusak.
3. Topologi Ring
Topologi
Ring adalah setiap komputer yang terhubung ke komputer selanjutnya
dengan komputer terakhir terhubung kekomputer yang pertama. Tapi
sayangnya jika akan dilakukan penambahan atau pengurangan komputer dalam
jaringan tentu saja akan mengganggu keseluruhan jaringan.
- Keuntungan
- Tidak ada komputer yang memonopoli jaringan, karena setiap komputer mempunyai hak akses yang sama terhadap token.
- Data mengalir dalam satu arah sehingga terjadinya collision dapat dihindarkan.
- Kerugian
- Apabila ada satu komputer dalam ring yang gagal berfungsi, maka akan mempengaruhi keseluruhan jaringan.
- Sulit untuk mengatasi kerusakan di jaringan yang menggunakan topologi ring.
- Menambah atau mengurangi komputer akan mengacaukan jaringan.
- Sulit untuk melakukan konfigurasi ulang.
4. Topologi Mesh
Kalau
Topologi yang satu ini memiliki hubungan yang berlebihan antara dari
peralatan-peralatan yang ada. jadi kesimpukan susunannya, setiap
peralatan yang ada didalam jaringan saling terhubung satu sama lainnya.
Keuntungan dan Kerugian nya adalah.
- Keuntungan
- Relatif lebih mudah untuk dilakukan troubleshoot.
- Keuntungan utama dari penggunaan topologi mesh adalah fault tolerance.
- Terjaminnya kapasitas channel komunikasi, karena memiliki hubungan yang berlebih.
- Kerugian
- Sulitnya
pada saat melakukan instalasi dan melakukan konfigurasi ulang saat
jumlah komputer dan peralatan-peralatan yang terhubung semakin meningkat
jumlahnya.
- Biaya yang besar untuk memelihara hubungan yang berlebih.
5. Topologi Tree
Topologi
Jaringan Pohon (Tree) Topologi jaringan ini disebut juga sebagai
topologi jaringan bertingkat. Topologi ini biasanya digunakan untuk
interkoneksi antar sentral denganhirarki yang berbeda.Untuk hirarki yang
lebih rendah digambarkan pada lokasi yang rendah dan semakin keatas
mempunyai hirarki semakin tinggi. Topologi jaringan jenis ini cocok
digunakan pada sistem jaringan komputer.