•JELASKAN SISTEM
ANTRIAN???
jawaban:
Antrian adalah suatu kejadian yang biasa dalam kehidupan sehari–hari. Menunggu
di depan loket untuk mendapatkan tiket kereta api atau tiket bioskop, pada
pintu jalan tol, pada bank, pada kasir supermarket, dan situasi–situasi yang
lain merupakan kejadian yang sering ditemui. Studi tentang antrian bukan
merupakan hal yang baru.
Antrian yang panjang sering kali kita lihat di bank saat nasabah mengantri di
teller untuk melakukan transaksi, airport saat para calon penumpang melakukan
check-in, di super market saat para pembeli antri untuk melakukan pembayaran,
di tempat cuci mobil : mobil antri untuk dicuci dan masih banyak contoh
lainnya. Di sektor jasa, bagi sebagian orang antri merupakan hal yang
membosankan dan sebagai akibatnya terlalu lama antri, akan menyebabkan
pelanggan kabur. Hal ini merupakan kerugian bagi organisasi tersebut.
•SISTEM PELAYANAN
TUNGGAL??
jawaban :
Sistem pelayanan tunggal merupakan bentuk paling sederhana dari sistem antrian. Dalam sistem ini, kombinasi antara mesin kas dan tempat kasir disebut server (fasilitas pelayanan) dan para pelanggan yang menunggu giliran yang membentuk suatu baris antrian disebut waiting line atau antrian (queue).
•SISTEM PELAYANAN
MULTIPLE???
jawaban :
Sistem pelayanan multiple adalah baris antrian tunggal yang dilayani oleh lebih dari satu pelayan. Contoh penerapan sistem ini terdapat pada bank yang ada bagian tertentu menangani pertanyaan-pertanyaan atau pengaduan-pengaduan dari customer.
•JELASKAN
KARAKTERISTIK PELAYANAN TUNGGAL???
jawaban :
Sistem antrian pelayanan tunggal memiliki karakteristik sebagai berikut :
1.Populasi pelanggan yang tidak terbatas
jadi pelanggan yang datang sangat lah banyak, dan seharusnya sefektif mungkin pelanggan di layani secara cepat dan tepat.
2.Disiplin antrian “pertama datang, pertama dilayani”
jadi pelanggan yang datang pertama dilayani yang pertama juga, atau sesuai urutan, mungkin sudah semua bank yang menggunakan sistem ini, mengguanakan nomor antrian. itu sebagai contohnya.
3.Tingkat kedatangan Poisson
contoh : sebagai teller bank jika melihat pelanggan datang lebih banyak seharusnya teller menggunakan waktu seefektif mungkin, agar para costumer tidak merasa menunggu lama.
4.Waktu pelayanan eksponensial
Dengan karakteristik di atas ini, dan asumsi bahwa
λ = tingkat kedatangan
µ = tingkat pelayanan
λ < µ
•GAMBARKAN SISTEM
ANTRIAN PELAYANAN MULTIPLE???
jawaban :
ini lah gambaran sistem pelayanan multiple,